4/1/09

mistis ataukah adakah penjelasan ilmiah?

Tgl 27 maret 2009 lalu, sekitar pukul 2.45 pagi, saya terbangun di kamar kost saya, di kawasan kota Bandung, dikarenakan jam weker saya yang tiba-tiba meloncat jatuh dari meja kira-kira setinggi 1 meter ke arah depan kira-kira sejauh 1 meter, dan jatuh di lantai dengan posisi batere jam weker terlepas (karena tak ada penutupnya), dan kaca weker bergeser. Dua hari sebelumnya, sepulang kerja, kira-kira jam 5 sore, saya juga mendapati jam weker saya tersebut terjatuh sendiri dari meja yang sama, namun hanya terjatuh di bawah meja, di lantai, dalam keadaan sama, baterenya terlepas, dan kaca weker bergeser. Namun, pada waktu itu, saya tak berpikir macam-macam, mungkin ada cicak, atau saya yang teledor meletakkannya di pinggir meja.
Pada pagi tgl 27 maret tersebut, saya sempat berpikir, apakah ada binatang masuk ke kamar kost? Kucing atau tikus? Namun, kamar kost saya terlalu rapat untuk binatang bisa masuk. Saya terbangun persis saat jam weker jatuh menyentuh lantai. Tidak ada suara apapun di pagi buta itu. Begitu tenang. Secara logika, jika binatang yang menjatuhkannya, maka akan terdengar suara pergi si binatang tersebut, seperti yang sering terjadi di rumah orang tua saya. Namun, tak terdengar suara apapun.
Dalam hati saya sedikit bercanda, mungkin jam weker ini lebih senang diletakkan di lantai daripada di atas meja, seperti yang selalu saya lakukan padanya di kamar kost saya sebelumnya, di Jakarta. Akan tetapi, sempat terpikir juga oleh saya, apakah bisa, weker tersebut jatuh dikarenakan daya dorong batere, yang kondisinya pada waktu jatuh, weker tersebut menggunakan batere baru? Mungkin Anda yang mengerti ilmu fisika, atau ilmu lainnya yang berkaitan, lebih mengerti akan hal tersebut………

2 comments:

VuturistiX said...

pertama, mungkin karena bunyi dan bergetar trus jam wekernya bergeser dan jatuh. kedua, ada geteran dari lantai atau meja trus jam wekernya ikut bergetar dan bergeser trus jatuh.

sebenarnya, selama jatuhnya ke bawah semua masih wajar sih, kecuali kalo bendanya terbang ke atas, baru itu aneh ... hehehe.

coba aja sekali lagi diamati, kalo kejadiannya berulang lagi, boleh jadi emang ada "sesuatu". jangan takut ya ...

the mind of phiephie said...

pak bayu, weker tersebut jatuh meloncat, bukan bergeser. bagaimana dengan hal tersebut?